Selasa, 11 Juni 2013

Minecraft: Part 6 - Time for Biology Class!

Artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang Spleef, sekarang kita akan membahas tentang The Walls. The Walls adalah minigame yang diciptakan oleh Hypixel. Peraturan cukup simple, wilayah permainan yang berbentuk segiempat dibagi seperempat sama besar (kok malah belajar matematika ya?). Nah, bisa ditebak, permainan bisa dimainkan oleh 4 orang, atau maksimal 8 orang (yang pernah gua liat). Setiap orang atau setiap 2 orang mendapat masing-masing jatah wilayah seperempat.

Setiap pemain diberi waktu 15 menit yang bisa diliat di timer yang dibuat sendiri oleh Hypixel menggunakan Redstone. Jadi bisa kebayang gimana pinternya tuh orang. 15 menit itu digunakan untuk mencari segala sesuatu yang bisa digunakan untuk PvP atau Player vs Player setelah waktu berakhir. Jadi, seperti bermain Minecraft biasa, tapi cuman nyari resource yang bisa digunakan untuk PvP, seperti Iron buat bikin Armor atau Sword atau nyari makanan.

<------ The Walls

Pertanyaan : Trus, kalo selama 15 menit itu para pemain belum siap tapi udah diserang duluan gimana?
Tenang aja, setiap perbatasan antar wilayah dijaga oleh dinding yang terbuat dari Sand, pokoknya tuinggggiiiiii banget. Jadi lu nggak bakal punya waktu buat menyelinap ke wilayah pemain lain.

Setelah 15 menit berakhir, dinding Sand itu akan turun dengan sendirinya sehingga lo bisa nyelinap ke wilayah yang lain. Tujuannya cuman 1, kill semua pemain!

Sekarang, The Walls sudah memiliki 2 versi, The Walls dan The Walls 2. The Walls 2 gaya arsitekturnya lebih keren daripada The Walls yang pertama. Para pemain juga bisa mendapatkan Diamond Block yang sudah diletakkan ditengah diantara semua perbatasan.

<--- The Walls 2


Untuk gameplay The Walls klik ke sini
Untuk gameplay The Walls 2 (tunggal) klik ke sini
Untuk gameplay The Walls 2 (ganda) klik ke sini

SEDIKIT WALKTHROUGH

Time for Biology Class

Kenapa gua bilang sekarang kita akan pelajaran Biologi? Karena kita bakal ngomongin tentang.. BIOME! Bioma dalam Biologi (bagi yang belum tau) adalah semua ekosistem yang memiliki jenis tumbuhan, iklim dan suhu yang sejenis. Bioma ini terdiri dari bioma tundra, bioma taiga, bioma padang rumput, bioma hutan hujan tropis, bioma padang gurun dan bioma hutan gugur.



Nah, kalau bioma dalam Minecraft adalah wilayah di Minecraft World yang memiliki flora, temperatur, alam dan ketinggian yang sama. Bioma di Minecraft terdiri dari :
  1. Forest (bisa dibilang Hutan Kecil)
  2. Jungle (bisa dibilang Hutan Tropis)
  3. Desert (Padang Gurun)
  4. Plains (Padang Rumput)
  5. Swampland (Rawa)
  6. Ice Plains (Tundra)
  7. Taiga
  8. Extreme Hills (Perbukitan)
  9. Ocean (Laut)
  10. Mushroom Island (Pulau Jamur)
  11. Hell/Nether (Neraka versi Minecraft)
  12. Sky/The End
Selain bioma-bioma itu, juga terdapat Techical Biomes yang merupakan bagian-bagian dari bioma-bioma tadi. Techical Biomes terdiri dari :
  1. River (Sungai) yang bisa ditemukan di bioma Plains atau Forest
  2. Frozen River (Sungai Beku) yang bisa ditemukan di daerah bioma bersalju
  3. Beach (Pantai)
  4. Mushroom Island Shore (Pantai Pulau Jamur)
  5. Frozen Ocean (Lautan Beku) yang bisa ditemuakan di daerah bersalju
  6. Extreme Hills Edge (Tepi Perbukitan) 
  7. Hills (Bukit)
Beberapa bioma di Minecraft memang memiliki kemiripan dengan bioma di Minecraft, kecuali The End yang dibuat sendiri (original).

1. Forest
Inilah bioma yang sudah dijadikan sebagai Taman Nasional Anjing Pudel di Minecraft. Memiliki kekayaan alam yang besar berupa Oak Tree, Birch Tree, Grass dan Mushroom, disini juga merupakan habitat dari Pig, Cow, Sheep, Chicken dan Wolf. Bioma ini merupakan bioma terkecil di Minecraft.

Peringatan : Jika lu mau nebang pohon disini, tolong urus izin SIM di kantor pos terdekat. SIM = Surat Izin Menebang.

2. Desert
Usahakan bawa bekal sebelum memasukin bioma ini, karena lu tidak akan menemukan satupun hewan disini. Kalo ada pun paling hewan nyasar -_- Kalo lo tiba-tiba ketemu pasukan AS lagi perang sama Taliban, usahakan menyingkir. Oke? Demi keselamatan diri, bro. Soal air? Nggak usah takut. Bioma ini terdapat 3 bangunan yang berdiri, yaitu Desert Well, Desert Temple dan NPC Village. Desert merupakan habitat asli Dead Bush dan Cactus.

- Desert Well
Kalo lo kehausan pas lagi syuting acara "Jejak Orang Idiot", nah ini merupakan kesempatan besar untuk mencari air. Jadi, berdoalah agar lo bisa ketemu sama "bangunan-penyelamat-hidup" ini, Desert Well!




- Desert Temple
Setelah Raja Alexander II dan Cleopatra diserang Van de Hook dari Belanda, mereka membawa Sphinx pergi dari padang gurun dan pindah ke New York dan memulai hidup baru. Mereka masih meninggalkan harta peninggalan mereka di sebuah temple di padang gurun. Yaa, itulah Desert Temple! Tapi hati-hati, temple ini telah dipasang perangkap modern yang akan membuat ledakan bunuh diri.



Inilah pemandangan ruang dalam Desert Temple. Telah terliat ada beberapa Wool yang ada di tengah-tengah temple. Dibawah Wool itu merupakan jalan menuju harta karun. Peringatan dari gue, jangan pernah turun dari Blue Wool yang ada di tengah itu. Ambil jalan Wool yang warnanya Orange atau yang lain. Kalo lo jatuh dari Blue Wool, sebuah Preasurre Plate udah menunggu dibawah dan kalo nginjek.... BOOM....

3. Plains
Disinilah lu bisa maen bola, layang-layang, kejar-kejaran, pacar-pacaran sepuasnya tanpa gangguan dari bangunan-bangunan lain. Disini agak jarang ditemui Tree juga banyak ditemui sumber air. Ohya, lu juga bisa ketemu NPC Village loh.... (lihat artikel sebelumnya)





4.Swampland
Ditengah kebahagiaan yang tercipta di Minecraft World, muncul seorang Witch (penyihir) yang akan siap memakan anak-anak di Minecraft World. Pada awalnya, Witch berkeliaran di alam bebas untuk mencari hewan-hewan eksperimen. Salah satu eksperimennya adalah Zombie Pigman yang dibuat dengan mencampur gen-gen Zombie dan Pig. Namun sekarang, Witch itu tinggal sendirian di sebuah Hut (Gubuk) di tengah bioma Swampland... Clay dan Lily Pads banyak ditemukan di sini...
- Witch's Hut
Ini dia, menyeramkan bukan? Pernah acara "Dimensi Lain" dilaksanakan di depan Witch's Hut. Namun, setelah tengah malam, para kru dan peserta yang ikut... ditemukan telah... mati... Tapi, tidak sekedar mati, mereka mati dengan gaya... Harlem Shake! Bisa dibayangkan betapa begonya itu -_-

Pokoknya ati-ati aja kalo ketemu di gubuk, kemungkinan Witch ada di gubuknya. Kalau mau ke dalam, palingan hanya ada Cauldron dan Pot.

Yang diperlukan (Cauldron):
- 7 Iron Ingots

Cauldron digunakan untuk menyimpan air. Sama halnya dengan bak mandi.


5. Jungle
Tolong komen di artikel ini kalo lo berhasil menemukan Tarzan... Hehe... Jungle menyimpan banyak kekayaan alam di dalamnya. Jungle Tree tumbuh melimpah di sini. Jungle juga merupakan habitat dari Ocelot dan Chicken.

Gua sarankan yang punya komputer yang lambat, ati-ati masuk Jungle, bisa-bisa komputer lu ngelag, atau lebih parah rusak.


- Jungle Temple
Setelah Tarzan dan Megan Fox pergi dari hutan untuk hidup di Aljazair, Tarzan meninggalkan beberapa harta karunnya untuk disimpan di dalam sebuah temple. Sama halnya dengan Desert Temple, Jungle Temple memiliki beberapa perangkap di dalamnya. Perangkap ini berupa pilihan antara hidup dan mati. Pemain diharuskan menarik Lever yang tepat untuk mencapai harta karun. Namun, jika salah, hujan panah akan ditembakkan ke arah elu. HEHEHE..






Yang diperlukan (Lever):
- 1 Stick (tengah)
- 1 Cobblestone (tengah bawah)

Lever digunakan untuk mengaktifkan perangkat Redstone.


6.Ice Plains
Bioma ini layaknya seperti Plain atau padang rumput, hanya saja ditutupi dengan salju, karena memang terjadi Snowfall (Hujan Salju) di bioma ini. Bioma ini merupakan tempat tinggal yang bagus untuk bangsa Eskimo. Ya nggak?

Pohon yang hidup di Ice Plain adalah Oak Tree, itupun jarang.


7.Taiga
Layaknya bioma Forest, tapi yang ditutupi salju. Disini juga dapat ditemukan Wolf bekas peninggalan bangsa Eskimo. Pohon yang tumbuh adalah Spruce Tree.

Ga saranin lu pake jaket tebel pas masuk ni bioma. Apalagi pas Snowfall. Juga bawa bahan makanan kalo lo terjebak dalam badai. Telepon SAR kalo lo tersesat, yang penting jangan telpon gua. Gua nggak ada pulsa.

8. Extreme Hills
Hati-hati kalo lo jatuh dari atas bukit. Mau bungee jump? Boleh juga... Mau terjun payung? Boleh juga... Mau panjat tebing? Boleh juga... Mau bunuh diri? Boleh juga.. Yang penting, jangan kencing dari atas bukit. Kasian nanti kalo ada orang di bawah ngira ada air terjun "kehidupan" muncul.

Hanya di bioma inilah, lo bisa menemukan Emerald Ore dan bagi pecinta Cave, inilah tempat yang paling tepat.

9. Ocean
Inilah tempat paling tepat bagi para pencinta ikan. Segala jenis ikan hidup damai dan subur disini. Lo bisa bertemu dengan ikan hiu atau ikan teri. Kalo lo beruntung, lu bisa ngeliat fitoplankton.. (ampe bisa lu gua kasih gopek :P). Disinilah habitat asli Squid.

Disini juga paling tepat bagi para miner, karena lo bisa menemukan Cave atau Abandoned Mineshaft di dasar lautan, sebagai peninggalan Kaisar Harada dari Gabon.

10. Mushroom Island
Mushroom Island adalah pulau dimana jamur-jamur raksasa tumbuh disini. Disini juga ada block yang tidak akan ditemukan di tempat lain, seperti Huge Mushroom dan Mycelium. Disini jugalah habitat asli Mooshroom dan Smurf :D





11. Nether
Nether adalah neraka versi Minecraft, dimana mob-mob yang menyeramkan ada disini, seperti Zombie Pigman, Blaze, Magma Cube, Ghast dan Wither Skeleton yang hanya ada disini. Soul Sand, Glowstone dan Lava "tumbuh" subur disini. Untuk mencapai ke Nether, diperlukan portal khusus. Lebih lengkap akan dibahas ke artikel selanjutnya.



- Lava Fortress
Bisa dibilang inilah barisan pertahanan Nether ketika akan dijajah oleh Cornelis de Hookman dari Belanda. Disinilah kita dapat menemukan Blaze Spawner dan Lava Well.

Gue ingatkan, Nether Fortress adalah tempat yang berbahaya bagi pemain yang hanya memakai Leather Boots dan Bone sebagai senjata.


12. The End
Sama seperti Nether, untuk mencapai The End, diperlukan portal khusus. Disinilah kita dapat menemui populasi besar Enderman dan boss mereka, Ender Dragon. Selengkapnya akan dibahas di artikel berikutnya.





Gue juga akan membahas tentang Technical Biomes. Techinal Biome ini tidak dihitung sebagai bioma, tapi bisa dibilang unsur bagian dari bioma itu sendiri.

1. River
Inilah sumber mata air yang penting bagi para penghuni Minecraft World. River pada gambar disamping merupakan perbatasan antara bioma Forest dan bioma Desert. Kalau elu menemukan seseorang hanyut di river, tolong telpon ke Kedutaan Besar Villager untuk Nether (apa hubungannya??!).

River adalah tempat yang bagus untuk mencari clay dan bagus untuk Fishing (mancing).

2. Frozen River
Frozen River hanya dapat ditemukan di bioma Ice Plain. Sungai ini ditutupi Ice di seluruh bagiannya karena dinginnya bioma tersebut. Mau maen Ice Skating? Ya jelas boleh..





3. Beach
Beach merupakan perbatasan antara bioma Ocean dengan bioma disekitarnya. Inilah tempat yang bagus untuk mencari Sand dan Fishing. Luas wilayah Beach akan lebih luas di biomam Taiga.

Beach sekarang sudah dilengkapi dengan sarana olahraga dan permainan air seperti Banana Boat, Donut, Flying Fish, Kayak dan tentunya... Baseball!!


4. Mushroom Island Shore
Layaknya Beach, Mushroom Island Shore adalah tempat bertemunya bioma Mushroom Island dan bioma Ocean. Tempat ini juga dapat dilengkapi dengan sarana olahraga dan permainan air untuk menarik para wisatawan dan presiden datang ke sini.




5. Frozen Ocean
Frozen Ocean dapat ditemukan di daerah sekitar bioma bersalju. Frozen Ocean gampangnya adalah Ocean yang permukaannya ditutupi Ice. Jelas lu nggak bakal mau maen Banana Boat atau maen futsal disini. Tapi kalo mau maen Ice Skating, itu baru ide yang bagus!




6. Extreme Hills Edge
Inilah perbatasan antara bioma Extreme Hills dengan bioma-bioma lainnya. Tempat yang cocok untuk piknik dibawah bukit-bukit (atau gunung-gunung) yang menjulang tinggi. Ya nggak, sob?





7. Hills
Tempat ini dapat ditemukan diantara bioma Taiga, Desert, Forest, Jungle dan Tundra. Tempat ini sangatlah tinggi dan cocok untuk olahraga yang membutuhkan keberanian tinggi kaya jogging (-_-).




Kalo hills yang ini cocok banget buat nyari Cobblestone atau Stone.







Yah, itulah akhir dari pelajaran biologi hari ini. Tolong pelajari dan kita akan melaksanakan ulanga besok. Apa? Nggak ada pelajaran besok?

Source: Minecraftwiki.net
-Admin M






16 komentar: