Senin, 08 Juli 2013

Minecraft: Part 7 - Grab Your Weapon!

Di pembukaan kali ini gue pengen ngebahas tentang Survival Games/Hunger Games. Banyak orang mengatakan kalo Survival Games dan Hunger Games itu sama. Ada juga yang mengatakan kalo Survival Games dan Hunger Games itu berbeda. Setelah gue nyari-nyari di Google, gua meliat salah satu pembicaraan (topik) di planetminecraft.com. Dari situ, gue menyimpulkan bahwa Hunger Games dan Survival Games itu sama. Kalo ada yang ingin menyampaikan pendapatnya, silahkan komen artikel ini.

Siapa yang udah pernah nonton film "The Hunger Games"? Sebenernya, minigame Survival Games/Hunger Games sama dengan film tersebut. Tujannya hanya lah bertahan hidup sambil membunuh peserta lain hingga mencapai satu-satunya survivor dari game tersebut.

Perbedaannya, tidak seperti di filmnya, kita tidak bisa menghancurkan semua block, kecuali Red Mushroom, Brown Mushroom dan Leaves. Kita hanya bisa bertahan hidup dengan mencari item yang sudah disediakan di dalam chest di seluruh penjuru wilayah game itu. Di beberapa game, chest bisa diganti dengan piston atau yang disebut dengan crates.

Pertama-tama, setiap peserta dimulai dengan berdiri melingkari setumpuk chest/crates yang berisi item-item yang diperlukan untuk bertahan hidup. Ada sword, armor, food dan segala kebutuhan lain. Para peserta bisa memilih untuk mengambil item-item di tengah lingkaran, atau langsung pergi ke arah lain.

Untuk mendapatkan item yang lebih bagus, kita harus mencari item di dalam chest/crates atau membunuh pemain lain. Item-item pemain lain akan menjadi milih kita seandainya kita bunuh.

Ada beberapa versi Survival Games/Hunger Games menurut klasifikasi sendiri-sendiri:
- Restock : Kebanyakan versi (kita nyebutnya Survival Games aja) Survival Games yang chest/cratesnya akan muncul item-item lagi saat malam hari. Ada juga versi Survival Games yang tidak seperti itu.

- Deathmatch : Kebanyakan versi Survival Games ada deathmatchnya. Jadi, setelah 15 menit atau 30 menit (tergantung yang buat) permainan dimulai, akan ada deathmatch dimana seluruh pemain yang masih hidup akan digabungkan untuk memulai pertarungan "hidup dan mati". Setiap ada pemain yang mati, waktu menuju deathmatch akan semakin cepat.

- Lightning : Kebanyakan versi Survival Games tersedia sarana untuk mengetahui lokasi pemain lain, yaitu lightning alias petir. Jadi, kalo lu pengen mengetahui pemain lain, gue saranin lu pergi ke tempat yang tinggi dan coba melihat lokasi lightning yang menunjukkan lokasi pemain itu sendiri.

- "Revenge" : Beberapa versi Survival Games (khususnya di server BajanCanadian), ada sarana untuk balas dendam terhadap pemain lain yang telah membunuhnya. Para pemain yang mati bisa respawn kembali dalam bentuk Zombie Pigman untuk mencari dan membunuh pemain yang telah membunuhnya.

Untuk video nya klik di sini

SEDIKIT WALKTHROUGH

Weapon

Pedang atau bahasa kerennya adalah Sword, adalah sebuah alat pertahanan diri dari berbagai serangan dari berbagai nafsu duniawi (ngasal banget). Maksudnya dari serangan Hostile Mobs, dan untuk mendapatkan berbagai item dari semua mobs.



Ada 5 jenis sword, dari yang paling cupu sampe yang paling jago : Wooden Sword, Gold Sword, Stone Sword, Iron Sword dan Diamond Sword.

Wooden Sword
Yang diperlukan:
- 1 Stick (tengah bawah)
- 2 Wood Planks (apa saja) (tengah & atas tengah)

Dapat menghilangkan 2 hati sekali serang.
Akan hancur setelah 60 serangan.

Gold Sword
Yang diperlukan:
- 1 Stick (tengah bawah)
- 2 Gold Ingots (tengah & atas tengah)

Dapat menghilangkan 2 hati sekali serang.
Akan hancur setelah 33 serangan.

Catatan : Jadi jangan habiskan Gold Ingot untuk membuat Gold Sword. Masih banyak saudara-saudara kita di luar sana yang membutuhkan Gold Ingot. Jadi, berpartisipasilah dalam program "Milk Every Morning" agar anak-anak selalu meminum susu setiap pagi.

Stone Sword
Yang diperluakan:
- 1 Stick (tengah bawah)
- 2 Cobblestones (tengah & atas tengah)

Dapat menghilangkan 2 setengah hati sekali serang.
Akan hancur setelah 132 serangan.

Iron Sword
Yang diperlukan:
- 1 Stick (tengah bawah)
- 2 Iron Ingots (tengah & atas tengah)

Dapat menghilangkan 3 hati sekali serang.
Akan hancur setelah 251 serangan.

Diamond Sword
Yang diperlukan:
- 1 Stick (tengah bawah)
- 2 Diamonds (tengah & atas tengah)

Dapat menghilangkan 3 setengah hati sekali serang.
Akan hancur setelah 1562 serangan.

Yap, pedang memang sangat efektif untuk pertarungan jarak jauh.
Disamping pedang, Axe (kapak), Shovel (sekop), Pickaxe (gua nggak tau bahasa Indonesianya apaan -_-), Busur (Bow) dan alat lainnya bisa digunakan untuk pertarungan.

Busur (enaknya pake bow aja kali ya) atau Bow adalah senjata jarak jauh yang efektif untuk melawan Hostile Mobs yang gaya rambutnya itu gondrong. Maksud gue, yang style nya itu long-range attack. Bagai sepeda dengan roda, Bow tidak akan berguna tanpa Panah (Arrow).

Untuk resep craftingnya, bisa dilihat di artikel sebelumnya yaitu Minecraft: Part 3 - Passive vs Hostile!

Wooden Pickaxe dan Gold Pickaxe sama-sama menghilangkan 1 hati.
Stone Pickaxe menghilangkan 1 setengah hati.
Iron Pickaxe menghilangkan 2 hati.
Diamond Pickaxe menghilangkan 2 setengah hati.

Bisa disimpulkan kalo Gunung Bromo itu gede (bukan itu-_-)
Kesimpulannya :
Wooden Sword & Gold Sword = Iron Pickaxe
Stone Sword = Diamond Pickaxe

Iron Axe:
Yang diperlukan:
- 1 Stick (tengah bawah)
- 3 Iron Ingots (tengah atas, kiri atas & kiri)




Biar cepet, kalo mau buat Wooden Axe, ganti Iron Ingot dengan Wood Planks apa aja. Kalo Stone Axe, ganti dengan Cobblestone. Kalo Gold Axe, ganti dengan Gold Ingots. Kalo Diamond Axe ganti dengan Diamond. (Kenapa kagak dari tadi ya gua kayak gini -_-)

Wooden Axe dan Gold Axe sama-sama menghilangkan 1 setengah hati.
Stone Axe menghilangkan 2 hati.
Iron Axe menghilangkan 2 setengah hati.
Diamond Axe menghilangkan 3 hati.

Kesimpulannya:
Wooden Axe & Gold Axe = Stone Pickaxe
Stone Axe = Iron Pickaxe = Wooden Sword/Gold Sword
Iron Axe = Diamond Pickaxe = Stone Sword
Diamond Axe = Iron Sword

Iron Shovel:
Yang diperlukan:
- 1 Stick (tengah bawah & bawah)
- 1 Iron Ingot (tengah atas)




Biar cepet, kalo mau buat Wooden Shovel, ganti Iron Ingot dengan Wood Planks apa aja. Kalo Stone Shovel, ganti dengan Cobblestone. Kalo Gold Shovel, ganti dengan Gold Ingots. Kalo Diamond Shovel ganti dengan Diamond. (lu pasti mikir kalo gue Copy - Paste yang di atas -_-)

Wooden Shovel & Gold Shovel sama-sama menghilangkan setengah hati.
Stone Shovel menghilangkan 1 hati.
Iron Shovel menghilangkan 1 setengah hati.
Diamond Shovel menghilangkan 2 hati.

Kesimpulannya: (kesimpulan terakhir)
Stone Shovel = Wooden Pickaxe/Gold Pickaxe
Iron Shovel = Stone Pickaxe = Wooden Axe/Gold Axe
Diamond Shovel = Iron Pickaxe = Stone Axe = Wooden Sword/Gold Sword

Kalo lu menarik kuat-kuat alias penuh (kalo perlu sampe ngeden), akan menghilangkan 4 setengah atau bisa sampai 5 hati. Kalo nggak sepenuhnya ketarik, hanya akan menghilangkan 3 hati. Kalopun cuman ketarik tapi pas-pasan (artinya kagak niat), hanya menghilangkan setengah hati.

Satu lagi senjata paling memakan damage paling besar adalah TNT.

Yang diperlukan:
- 4 Sand (tengah atas, kiri, kanan & tengah bawah)
- 5 Gunpowder (kiri atas, kanan atas, tengah, kiri bawah & kanan bawah)

Dapat menghilangkan 12 hati kalo lu berada di dekat pusat ledakan. Semakin jauh dari pusat, damage yang kena semakin kecil.

Untuk mengaktifkan TNT, perlu Redstone, Flint & Steel, Lava, Fire atau Fire Charge.

Catatan : Damage ke player-player disini tidak termasuk yang pake armor.

Source : Minecraftwiki.net
-Admin M

5 komentar:

  1. Yang tercupu bukannya golden weapon

    BalasHapus
  2. Nice post, dilihat dari postmu kamu cukup banyak mengetahui tentang Munecraft, so di sini zaya menawarkan apakah Anda berkenan untuk menjadi staff MCPE Lovers (MCPELovers.net) yap itu bukanlah Minecraft PC namun versi Mobilenya atau PE, namun kan hampir sama kan :P jika berminat silahlan kirim email ke support@mcpelovers.net atau di halaman contact us ya :)

    BalasHapus
  3. Bang bikin lagi dong udah 9 tahun gak bikin lagi mungkin sebaiknya bikin creepypasta minecraft tapi gak nyata tentang null kek entity kek herobrine kek ama mitologi minecraft yang lain bang itu saran saya saya gak tau bang nerima ato enggak saran saya kalo nerima makasih banyak bang:)🙏🏻

    BalasHapus