Rabu, 08 Mei 2013

Minecraft: Part 3 - Passive vs Hostile!

Main Minecraft tuh sebenernya nggak bakal seru kalo nggak bareng sama temen, ya nggak? Biasanya pemain Minecraft akan gabung atau join ke sebuah server, baik server lokal sampai internasional. Ada 2 jenis server, yang pertama server yang nggak perlu premium dan ada yang perlu premium. Biasanya, server internasional hanya bisa dimasuki oleh para pemain Minecraft yang premium atau yang membeli langsung dari Minecraft.net.

"Habis itu, gimana caranya kita bisa maen bareng?" kata temen gua yang nggak tau Minecraft. Ya gua jawab, gampang, buat aja server yang nggak perlu pemain yang premium. Tapi, kalo pake yang ini, kita perlu software lain agar tetep bisa terhubung. Nah, kalo gua sendiri, pake Hamachi. Entah apa itu Hamachi. Gua juga nggak tau. Gua sama temen-temen gua, main di satu server yang sama, PoopCraft. Tuh server dibikin sama temen gua yang IT nya emang lebih jago dari gua, namanya Rio. Gua juga nggak tau sebenernya cara bikin server.

Nah kalo lo emang mau maen bareng sama temen tapi nggak tau cara bikin server, silahkan main LAN. Ini salah satu alternatif buat maen bareng sama temen. Caranya? Salah satu temen lo harus bikin world baru, trus pencet Esc, trus Open to LAN. Trus ada menu yang namanya LAN World, lu bisa ngatur sendiri "aturan" yang lu mau, kaya pemain lain yang masuk ke world lu akan bermode Survival, Creative, terserah lu. Yang penting, ada Wifi dan jarak antara lu sama temen lu yang mau masuk ke world lu nggak boleh jauh-jauh.

SEDIKIT WALKTHROUGH

Mobs

Mobs di Minecraft layaknya binatang dan monster di dunia nyata. Ada beberapa jenis pengelompokkan Mobs:



Passive Mobs
Mob ini tidak akan pernah menyerang lu. Yang termasuk ke dalam kelompok ini adalah:







- Bat (Kelelawar) : Biasa ditemukan di dalam cave. Bat adalah salah satu mob yang bisa terbang.
- Chicken (Ayam) : Pemain Minecraft biasa membunuh mob ini untuk mendapatkan Raw Chicken, Feather dan Egg. Raw Chicken digunakan untuk mengisi Hunger Bar, sama seperti makan. Raw Chicken akan lebih efektif jika dimasak terlebih dahulu dengan menggunakan Furnace. Feather digunakan untuk membuat Bow (Panah) atau Book and Quill. Egg digunakan untuk membuat ayam baru atau untuk membuat Cake (Kue).

- Cow (Sapi) : Pemain Minecraft biasa membunuh mob ini untuk mendapatkan Raw Beef atau Leather. Raw Beef digunakan untuk mengisi Hunger Bar dan Leather digunakan untuk membuat armor. Raw Beef akan lebih efektif jika dimasak terlebih dahulu dengan menggunakan Furnace. Cow juga bisa digunakan untuk memperoleh Milk (Susu). Caranya adalah dengan klik kanan saat karakter kita memegang Bucket (Ember). Milk biasa digunakan untuk menghilangkan efek dari Potion atau dari efek Cave Spider. Potion akan dibahas lebih lanjut di artikel berikutnya.

- Mooshroom : Pemain Minecraft biasa membunuh mob ini untuk mendapatkan Raw Beef, Leather dan Red Mushroom. Red Mushroom adalah salah satu bahan untuk membuat Mushroom Stew. Mushroom Stew biasa digunakan untuk mengisi Hunger Bar. Pemain juga bisa memperoleh Mushroom Stew dan Milk dari Mooshroom. Cara mendapatkan Mushroom Stew sama seperti mendapatkan Milk, hanya saja menggunakan Bowl (Mangkok)

- Ocelot : Jika kamu memberi Raw Fish beberapa kali ke Ocelot dengan cara klik kanan di depannya, Ocelot akan senantiasa mengikutimu. Ocelot akan berguna untuk mengusir Creeper.

- Pig : Pemain Minecraft biasa membunuh mob ini untuk mendapatkan Raw Porkchop. Raw Porkchop biasa digunakan untuk mengisi Hunger Bar. Raw Porkchop akan lebih efektif jika dimasak menggunakan Furnace. Lu juga bisa naik Pig dengan cara menaruh Saddle diatasnya, caranya klik kanan.

- Sheep : Pemain Minecraft biasa membunuh mob ini untuk mendapatkan Wool. Wool biasa digunakan untuk membuat Bed (Tempat tidur). Kita akan lebih banyak mendapatkan Wool jika kita klik kanan menggunakan Shears.

- Squid : Pemain Minecraft biasa membunuh mob ini untuk mendapatkan Ink Sac. Ink Sac biasa digunakan untuk membuat Book and Quill. Squid biasa ditemukan di dalam air.

- Villager : Pemain tidak akan mendapatkan apa-apa jika membunuh mob ini. Kita hanya bisa melakukan Trade (Barter) dengan mereka. Caranya, klik kanan di depan mereka, dan mereka akan melakukan penawaran. Kita bisa melakukan Trade jika kita mempunyai Emerald atau Paper.

Book and Quill:
Yang diperlukan:
- 1 Book
- 1 Ink Sac
- 1 Feather

Book and Quill bisa ditulis dan dibaca sendiri oleh para pemain.

Cooked Chicken:
Yang diatas adalah Raw Chicken dan yang dikanan adalah Cooked Chicken.





Cooked Beef:
Yang diatas adalah Raw Beef dan dikanan adalah Cooked Beef.







Mushroom Stew:
Yang diperlukan:
- Red Mushroom (kiri bawah)
- Brown Mushroom (tengah)
- Bowl (tengah bawah)
- Mushroom Stew (hasi crafting)


Bowl:
Yang diperlukan:
- 4 Planks
- Bowl (hasil crafting)




Bed:
Yang diperlukan:
- 3 Wool (atas)
- 3 Planks (bawah)
- Bed (hasil crafting)

Bed biasa digunakan pemain untuk tidur pada malam hari.

Neutral Mobs
Mob ini tidak akan menyerang lu jika lu nggak mengganggu/menyerang/berada dalam jarak dekat dengan mereka.


- Enderman : Mob ini memiliki kemampuan untuk berpindah tempat (teleport) dan mengangkat block tertentu. Pemain biasa membunuh mob ini untuk mendapatkan Ender Pearls. Dengan klik kanan pada Ender Pearls, Ender Pearls akan terlempar dan lu bisa ke tempat dimana jatuhnya Ender Pearls. Jika lu terserang, lu bakal kena efek Potion, biasanya Blindness.

- Zombie Pigman : Mob yang hanya ditemukan di Nether (neraka versi Minecraft). Nether akan dibahas di artikel berikutnya, Mob ini akan terlihat sedang membawa Golden Sword. Jika dibunuh, pemain akan mendapatkan Gold Nugget, Rotten Flesh, Golden Sword atau Gold. Rotten Flesh bisa digunakan untuk mengisi Hunger Bar, namun lu bisa kena Hunger Effect. Gold Nugget biasa digunakan untuk membuat Glistering Melon, Golden Apple, Golden Carrot dan Forms Star Shape. Glistering Melon, Golden Apple, Golden Carrot akan dibahas di artikel selanjutnya.

Forms Star Shape:
Yang diperlukan:
- 1 Gunpowder (kiri atas)
- 1 Dye (tengah kiri)
- 1 Golden Nugget (tengah atas)
- Fireworks Star/Forms Star Shape (hasil crafting)

Fireworks Star biasa digunakan untuk membuat kembang api.

Hostile Mobs
Mob ini akan senantiasa menyerangmu.











- Blaze : Mob yang hanya dapat ditemukan di Nether, bisa terbang dan merupakan long-range attack dan menyerangmu dengan api. Jika terbunuh, pemain akan memperoleh Glowstone Dust atau Blaze Rod. Glowstone Dust digunakan untuk membuat Glowstone yang dapat digunakan untuk menerangi layaknya lampu. Blaze Rod akan dibahas di artikel selanjutnya.

- Cave Spider : Mob yang dapat ditemukan di dalam Cave. Jika lu terserang, lu akan kena efek Potion, biasanya Slowness atau Poison.

- Creeper : Lu bakal meledak jika lu terlalu dekat dengannya. Jika terbunuh, pemain akan mendapatkan Gunpowder yang biasa digunakan untuk membuat TNT.

- Ghast : Mob yang bisa terbang, hanya ditemukan di Nether, long-range attack dan suaranya seperti bayi menangis. Jika terbunuh, pemain akan mendapatkan Ghast Tear atau Gunpowder. Ghast Tear biasa digunakan untuk Brewing. Brewing akan dibahas di artikel selanjutnya.

- Magma Cube : Mob yang bisa melompat, hanya ditemukan di Nether. Jika terbunuh, lu akan mendapatkan Magma Cream yang biasa digunakan untuk Brewing.

- Silverfish : Mob yang biasa ditemukan di Strongholds. Strongholds bentuknya seperti benteng yang hancur dan terdapat portal ke The End di dalamnya. The End akan dibahas di artikel selanjutnya. Pemain tidak akan mendapatkan apa-apa jika dia terbunuh.

- Skeleton : long-range attack dan menyerang dengan panah. Jika terbunuh, pemain akan mendapatkan Bone, Arrow atau Bow. Bow dapat digunakan sebagai senjata lu dan lu perlu Arrow untuk memakainya. Bone dapat digunakan untuk diberikan kepada Wolf, agar Wolf senantiasa mengikutimu.

- Slime : Mob yang dapat melompat. Jika terbunuh, pemain akan mendapatkan Slimeball yang biasa digunaan untuk membuat Sticky Piston. Sticky Piston akan dibahas di artikel selanjutnya.

- Spider : Jika terbunuh, pemain akan mendapatkan String dan Spider-Eye. String dapat digunakan untuk membuat Cobweb dan Bow sedangkan Spide-Eye dapat digunakan untuk Brewing dan dapat dimakan, tetepi jika dimakan, lu bisa kena efek Poison.

- Spider Jockey : Singkatnya, Skeleton yang naik Spider. Long-range attack dan menyerangmu dengan panah. Jika terbunuh, pemain akan mendapatkan Bone, Spider-Eye, Arrow atau Bow.

- Witch : Bentuknya seperti Villager dan bisa ditemukan di Witch's Hut. Long-range attack dan menyerangmu dengan melemparkan potion yang biasanya Slowness, Poison atau Harming. Jika terbunuh, pemain akan mendapatkan Spider-Eye, Sugar, Redstone, Glowstone Dust, Stick, Glass Bottle atau Gunpowder. Sugar dapat digunakan untuk Brewing atau membuat Cake. Glass Bottle akan dibahas di artikel selanjutnya.

- Wither Skeleton : Mob yang hanya ditemukan di Nether dan terlihat sedang membawa Stone Sword. Jika terbunuh, pemain akan mendapatkan Stone Sword, Wither Skeleton Skull, Coal atau Bone. Wither Skeleton Skull dapat digunakan untuk membuat Wither yang merupakan boss di Minecraft.

- Zombie : Jika terbunuh, pemain bisa mendapatkan Rotten Flesh, Carrot, Potato atau Iron Ingot. Potato dan Carrot dapat digunakan untuk mengisi Hunger Bar. Zombie dapat mengubah Villager menjadi Zombie Villager.

- Zombie Villager : Zombie Villager sama seperti Zombie.

Cake:
Yang diperlukan:
- 3 Milk (atas)
- 1 Egg (tengah)
- 2 Sugar (tengah kiri-kanan)
- 3 Wheat (bawah)

Cake dapat digunakan untuk mengisi Hunger Bar.

Glowstone:
Yang diperlukan:
- 4 Glowstone Dust






Bow:
 Yang diperlukan:
- 3 Stick (tengah kiri-atas-bawah)
- 3 String (kanan)





Arrow:
 Yang diperlukan:
- 1 Flint (tengah atas)
- 1 Stick (tengah)
- 1 Feather (tengah bawah)

Flint dapat didapatkan dengan (untung-untungan) mengancurkan Gravel.

Utility Mob
Mob yang dapat dibuat oleh kita sendiri dan membantu kita.









- Snow Golem : Mob ini dapat membantu kita dalam melawan Hostile Mob, walaupun tidak benar-benar membantu karen mereka menyerang dengan menggunakan Snowball. Tetapi, mereka dapat membantu pemain dalam melawan Blaze dan Enderdragon.

Yang diperlukan:
- 2 Snow Blocks
- 1 Pumpkin

Letakkan 2 buah Snow Blocks keatas dan letakkan Pumpkin di paling atas.

Jika terbunuh, pemain akan mendapatkan Snowball.







- Iron Golem : Sama seperti Snow Golem, mob ini membantu kita melawan Hostile Mob. Mereka benar-benar membantu.

Yang diperlukan:
- 1 Pumpkin
- 4 Iron Block

Letakkan Iron Block menjadi bentuk T seperti itu, dan letakkan Pumpkin diatasnya.

Jika terbunuh, pemain akan mendapatkan Iron Ingot atau Rose.






Block of Iron/Iron Block:
Yang diperlukan:
- 9 Block of Iron





Snow:
Yang diperlukan:
- 4 Snowball






Bosses
Mob di Minecraft yang paling berbahaya.


 
 





- Ender Dragon : Mob yang bisa terbang dan hanya dapat ditemuan di The End. Untuk melawannya, yang harus dibutuhkan adalah Bow dan Arrow. Karena Ender Dragon dilindungi oleh beberapa crystal di The End. Cyrstal berada diatas pilar-pilar yang cukup tinggi. Setelah kita membunuh Ender Dragon, kita akan mendapatkan sejumlah Experience dan akan muncul Credit tanda berakhirnya game ini. (Nggak juga sih sebenernya)

- Wither : Mob ini adalah boss yang dapat dibuat oleh kita sendiri dan mempunyai 3 buah kepala. Mob ini dapat terbang, long-range attack dan menyerangmu dengan kepala-kepala Wither (?) yang dapat meledak. Tetapi dia bisa mendekat ke arahmu jika dia udah sekarat. Berbeda dengan Ender Dragon, tidak akan ada Credit setelah kita membunuhnya.

Yang diperlukan:
- 3 Wither Skeleton Skull
- 3 Soul Sand

Buatlah bentuk T dengan menggunakan Soul Sand dan letakkan masing-masing 1 Wither Skeleton Skull diatasnya. Soul Sand dapat lu temuakan (banyak banget) di Nether.





Bersambung....
-Admin M
* Source : Minecraftwiki.net

32 komentar:

  1. cara bikin id network nya gimana sich

    BalasHapus
  2. Versi brp ini? Download dimana? Di andro gue cuma bisa versi 0.8.1 ngga ada kaya gininya-_-

    BalasHapus
  3. gimana cara membuat buku tingkatan dan cara menggunakannya

    BalasHapus
  4. Versi brp tuh.di android atau pc ???kok iron golem gua gak hidup??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk Minecraft PE +0.12.0

      Hapus
    2. Untuk Minecraft PE +0.12.0

      Hapus
    3. Kok wither nya gua bikin gk bisa min?
      Android apa bukan sih???

      Hapus
    4. Kok wither nya gua bikin gk bisa min?
      Android apa bukan sih???

      Hapus
  5. Saya pemain minecraft di iOs,kalau boleh tau gimana yah caranya supaya bisa mendapatkan bone untuk wolf? Soalnya diatas belum tertera info tentang wolf:) trims sebelumnya ^^

    BalasHapus
  6. Dimana saya bisa download minecraft di pc

    BalasHapus
  7. Di jonggol ada yang jual kasetnya(real).gw dah beli (pc)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kasetnya?yang crack dong setahu gw yg asli itu id ama pasnya

      Hapus
  8. Bro numpang nanya, punya gua pocket edition , tapi gk download dari playstore , bisa maen online gk?

    BalasHapus
  9. Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  10. Versi brpa ini? Gue maen di android vers 0.11.1 dan itu biasa saja-_- ga ada kya gtu2an. Apa jadul bgt ya vers gue?

    BalasHapus
  11. Wither gak mau gan kalo snow dan iron golem bisa aja sih

    BalasHapus
  12. Recipe iron golemnya salah tuh...bukan pakai pumpkin,tapi pakai jack o' latern (pumpkin yang ada cahayanya (ada torch didalamnya))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama saja jack o' lantern dan pampkin

      Hapus
    2. Sama saja jack o' lantern dan pampkin

      Hapus
    3. Pumpkin bisa kok,tapi lebih cepat proses pumpkin,soalnya summonnya 1 detik

      Hapus
  13. Makasih bang bermanfaat banget

    BalasHapus